Jangan Perdebatkan genre sepeda

 Salam Sehat..

Artikel ini tidak mewakili Komunitas BUMI BATARA GURU Cycling Club yaa..hanya catatan biasa dari saya sebagai Admin Blog ini..



Menjawab beberapa teman2 yang menyudutkan genre sepeda, terutama jenis yg saat ini sering saya gunakan...

Pertama-tama perkenalkan namanya Roy akrab di panggil Papa Clay...saya mengenal Dunia sepeda baru sama sekali, tepatnya 2018 masih sangat singkat...

saya tidaklah Expert dalam Bersepeda, dalam artian di usia 45 tahun ini hingga skrg saya tidak memiliki Skill untuk berswepeda...saya hanya orang yang senang dan sangat ingin berolahraga walaupun termasuk telat untuk intens berolahraga, namun saya orang yang sangat-sangat senang akan dunia pengetahuan mungkin sesuai dengan Bidang saya...jika ingin menyombongkan diri, saya Expert dalam Dunia IT, saya Programer, Sysadmin bahkan mampu menjadi Pakar Analisa Troubleshoot dalam suatu permasalahan System Komputerisasi..dan itu memang bidang saya...

nah ketika mengenal dunia olahraga sepeda...saya menjadikan Sepeda sebagai saluran Olahraga saya hampir setiap hari..., ingat...!!! hampir setiap hari...!, sangking hampir setiap harinnya saya bersepeda orang yang mengenal saya di kota malili pasti tahu.., papaclay itu suka....hahahaha

karena dasar senang akan pengetahuan, moto hidup saya adalah belajar-belajar dan belajar...dan itu akhirnya saya terapkan dalam Dunia Sepeda...., knowledge dalam dunia sepeda bertambah terus sejak saya mulai mengenal senior2 dari om Imran yang menjadi Coach kami, bertambah lagi dari Mentor Om Jack Jacobs yg saya anggap dewa dalam dunia Sepeda khusus Mountain Bike, juga dari beberapa om-om senior di VCC Malili seperti om Sabri, Arul, Om Taufik, Om Andi Wija,Om Ricky si 4WD/Ma 'maling-maling.  pengetahuan Skill lumayan diajarkan walaupun sampai saat ini saya tdk expert dalam Skill bersepeda...knowledge pun bertambah sampai ke pengenalan Genre Sepeda...

Sangking Senangnya saya bersepeda, Saya memiliki beberapa sepeda Murah, namun perlu anda ingat semua sepeda yg saya memiliki , mempunyai Genre / Jenis Peruntukan yang sangat berbeda, Saya memiliki Ricochet T160 Genre Peruntukan DH skala ringan...(ehem..), Saya memiliki Ricochet T140 untuk Genre peruntukan All Mountain / Enduro, saya memiliki Fervent T120 untuk Genre Peruntukan XC/CrossCountry dengan medan agak berat , Saya memiliki Ravage T100 untuk XC/CrossCountry dengan medan Ringan, saya memiliki Wreak T100 Dirtjump atau FourCross 4X peruntukan untuk main di Pumptrack, 

knowledge dalam sepeda membuat wawasan saya menjadi luas, sampai mengharuskan saya untuk mempelajari cara memperbaiki sepeda, mulai dari Setting RD, FD hingga berapa klik putaran rebound yang saya butuhkan dalam mengatur  Rearshock dan Fork dari Sepeda saya ketika melibas medan (ajaran om jack), saya banyak belajar memperbaiki sepeda dari om Iwan, Om Izal, Om Askari, Om Genta juga dari beberapa sumber...dan pelajaran berharga saya dapat dari Om Jack Jacobs, ketika saya bertannya kepada beliau , " berapa kali om Jack Patah tulang atau cederah parah saat bermain Downhill" jawaban om jack "Tidak Pernah" dan akhirnya om jack selalu menyarankan saya untuk menonton video2 Insiden jatuh dari semua atlit Sepeda...terbukti ketika saya Crash di Tangga-tangga kantor Bupati Luwu Timur...?

Nah kembali ke benang merah dari Sepeda itu sendiri, Saya Pribadi bukanlah Atlit, bukan juga penggiat dunia olahraga sepeda, juga BUKAN orang yang EXPERT SKILL dan NYALI dalam olahraga ini....Saya hanya ingin murni berolahraga, saya ingn tubuh saya tetap fit dan sehat, sejak knowledge sepeda saya bertambah, dan ada satu Genre yang memang harus saya miliki, karena knowledge tentang Genre Sepeda ini sangat menolong saya untuk lebih mengenal apa Makna Utama dari Kata OLAH RAGA....dari Genre ini saya mengenal dan bertambah pengetahuan lebih dalam tentang KESEHATAN diri sendiri, VO2Max, Saturasi Darah, Blood Pressure, Cadence, FITTING BIKE (hal sepele yang di lupakan orang) , Batas Heart Rate Maximum, Zona 1 2 3 4 Jantung, Cabo Loading dan masih buanyak-nyak-nyak lagi....bertambah lagi pengetahuan ketika saya bertemu dengan Coach om Hidayat Latuconsina hingga dari genre satu ini menyadarkan saya bahwa bersepeda bukan hanya semata untuk senang-senang, bukan hanya untuk berkumpul ketawa ketiwi, bukan hanya untuk membuat diri kita terpacu harus lebih unggul dari orang lain... 

Genre Roadbike adalah sepeda yang didesain untuk smengharuskan saya bisa memahami KARDIO itu apa, yang mengharuskan saya untuk memahami cara kerja TUBUH MANUSIA , Aliran  dari Jantung ketika memompa darah dalam Tubuh saya...yang akhirnya dalam beberapa bulan ini saya bisa merasakan perbedaan yg drastis saat berolahraga sepeda...Tubuh terasa sangat Fit...Tidur bisa mencapai level DEEP SLEEP (silahkan cek jenis2 tidur manusia)...

MTB atau Sepeda Gunung itu tetap di Hati saya...selama saya masih kuat bahkan masih hidup saya pasti akan terus bermain Sepeda Gunung, karena tidak ada yang bisa mengalakan momen bersepeda saat kita bermain di atas gunung, blusukan di hutan, bermain lumpur dan lain sebagainya....namun karena kieseharian saya senang bersepeda, saya tidak bisa memaksakan Genre Sepeda untuk dipakai bukan pada peruntukannya.., saya tidak ingin Tulang Tua saya cedera lebih cepat hanya karena memaksakan Sepeda MTB dengan ukuran ban 2.75 x 2.50 tinggi travel diatas 150 untuk bermain di aspal??? apalagi medan aspal kota saya Malili penuh pendakian...dan saya tidak mungkin Setiap hari harus memaksakan diri naik ke belakan Kantor Bupati hanya untuk bermain sepeda gunung, seminggu sekali mungkin ok, namun masih banyak pertimbangan untuk melakukan itu karena kesibukan dalam pekerjaan, .... sampai knowledge saya untuk genre sepeda bertambah, akhirnya saya memutuskan untuk keseharian saya yang senang bersepeda untuk memiliki satu sepeda Roadbike yang MURAH..agar saya menjaga tubuh tetap fit....

berhentilah memperdebatkan Saya anak MTB, Saya anak Seli, Saya Anak DH, Saya anak Ontel, Saya anak Roadbike...., teman2 mari kita perdalam pengetahuan Sepeda bukan dari satu jenis peruntukan yang membuat diri beberapa orang merasa jenis ini lebih hjebat, lebih baik, lebih Cool, lebih ganteng..kembalikan Fungsi Utama tujuan anda bersepeda...bagi saya pribadi saya senang bersepeda karena ingin Tubuh ini sehat, Tubuh ini bisa lebih FIT....dan lewat pengetahuan yang semakin dalam, saya mengerti peruntukan dari setiap genre Sepeda ... hingga saya bisa dan mampu mengetahui dimana batas ambang kekuatan dalam diri saya jika saat saya bermain sepeda, 

Dan ketika saat saya di ajak bermain sepeda, baik diatas Gunung, di Aspal atau nanti di event2 gobar...saya sudah tahu kemampuan tubuh saya yang sebenarnya , dan saya sudah tahu Genre apa yang cocok digunakan....

Stop meki berdebat...sebab Semua Genre sepeda bagus...., intinya kembali ki tujuan utama kita bersepeda..., apalagi ada kata-kata beralih dari itu ke ini....tidak boss, Pasepeda Sejati itu bermain di semua Genre dan tidak membeda-bedakan....sebab Genre apappun yang dimainkan membuat hati tetap senang, karena bermain sepeda apapun kalau dasarnya memang senang bersepeda pasti tidak akan membeda-bedakan...

Mohon maaf jika ada hal2 dari tulisan saya yang tidak berkenan...semoga kita diberi kesehatan selalu, agar ada kesempatan untuk bersama-sama bisa selalu bersepeda....

SALAM SEHAT

BUMI BATARA GURU CYCLING CLUB

BBG Cycling Club dibentuk untuk menjadi wadah para Goweser yang Serius dan intens dalam berolahraga Sepeda di kota Malili Kabupaten Luwu Timur, Segenap member dan pengurus mengundang anda semua untuk ikut bergabung dalam Komunitas BBG Cycling Club ini agar bersama kita semua mengolahragakan masyarakat luwu timur khususnya warga kota Malili...

Tidak ada komentar :

Posting Komentar